Rukayadi, Rudi and , Supriyono, ST., MT., Ph.D. and , Amin Sulistyanto, ST. (2015) Analisa Sistem Bahan Bakar Pada Wheel Loader XCMG ZL 50 GN. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
01 NASKAH PUBLIKASI TUGAS AKHIR.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
02 HALAMAN DEPAN.pdf Download (970kB) |
|
PDF (Bab I)
03 BAB I.pdf Download (90kB) |
|
PDF (Bab II)
04 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) |
|
PDF (Bab III)
05 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) |
|
PDF (Bab IV)
06 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Bab V)
07 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampiran)
09 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
10 SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
Abstract
Sistem bahan bakar merupakan proses mengalirnya bahan bakar dari tangki menuju pompa bahan bakar sebelum bahan bakar disemprotkan ke ruang bakar. Pompa bahan bakar yang digunakan adalah pompa plunger. Pada sistem bahan bakar terdapat komponen elektrik yang berguna untuk membuka dan menutup aliran bahan bakar menuju kepompa bahan bakar yaitu solenoid cut off. Pada wheel loader, komponen elektrik tersebut sering terjadi kerusakan sebelum hm mencapi 1000 sehingga menjadi kekecewaan terhadap konsumen setelah membeli unit tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsumsi bahan bakar pada putaran tertentu, menentukan spesifikasi pompa bahan bakar yang akan digunakan untuk sistem bahan bakarbakar wheel loader dan mengidentifikasi komponen pada wheel loader yang cepat rusak terutama yang berada pada sistem bahan bakar. Untuk mencari konsumsi bahan bakar spesifik diperlukan beberapa data yang kemudian di olah. Yang pertama yaitu menentukan torsi dengan menggunakan variasi putaran, Untuk menentukan spesifikasi pompa bahan bakar diperlukan study literarur kebengkel resmi pompa bahan bakar bakar sehingga kita dapat lebih mudah menentukan dimensi pompa yang sesuai dengan kebutuhan bahan bakar. Untuk mengidentifikasi komponen wheel loader yang cepat rusak diperlukan pemeriksaan secara visual pada sistem bahan bakarnya, setelah mengetahui bahwa solenoid cut off yang cepat rusak kemudian kita ganti solenoid dengan yang baru kemudian masalah terpecahkan, tetapi penggantian solenoid cut off merupakan pemecahan masalah yang kurang baik karena life time solenoid yang baru juga tidak akan lama, oleh karena itu perlu dilakukan analisa terjadinya kerusakan dan kemudian dilakukan improvement pada solenoid cut off dengan cara merubah cara kerja dari solenoid tersebut Dari hasil perhitungan secara teoritis didapatkan bahwa pada putaran 1400 rpm merupakan konsumsi bahan bakar terendah yaitu 195,16 g/kw.jam dengan torsi 900 dengan daya 176,783 HP. Pompa bahan bakar yang di perlukan adalah pompa dengan dimensi; diemeter plunger 0,9 cm, S (panjang langkah plunger) 0,2 cm dan Dh (lubang buang pada plunger) 0,45 cm. Kerusakan solenoid cut off sebelum HM mencapai 1000 di karenakan arus selalu masuk ke solenoid cut off sebesar 2.71 mA pada saat engine running. Setelah dilakukan improvement, arus yang masuk ke solenoid hanya sebesar 0,83 mA.
Item Type: | Karya ilmiah (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Bahan Bakar, Pompa Bahan Bakar, Solenoid Cut Off |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Rudi Rukayadi |
Date Deposited: | 09 Jul 2015 06:12 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 01:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34449 |
Actions (login required)
View Item |