Munandar, Aris Tri and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2015) Penerapan Pendekatan Scientifik Dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Partisipasi Belajar Siswa (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Masaran Semester Genap Tahun 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
![]() |
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI ILMIAH.pdf Download (456kB) |
![]() |
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (630kB) |
![]() |
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (95kB) |
![]() |
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
![]() |
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
![]() |
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
![]() |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (213kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
Abstract
Tujuan Penelitain ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep dan partisipasi belajar siswa kelas VII SMP N 2 Masaran Sragen dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru sebagai pemberi tindakandan siswa kelas VII-5 yang berjumlah 32 siswa sebagai penerima tindakan. Metode pengumpulan data meliputi observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan metode alur, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Data hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari 1) Siswa yang mampu menyatakan ulang sebuah konsep pada soal dari 46,875% menjadi 81.25%, 2) Siswa mampu mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah dari 37,5% menjadi 62,5%, 3) Siswa dapat memberikan contoh dari suatu konsep dari 34,38% menjadi 53,125%. Adanya peningkatan partisipasi belajar siswa dapat dilihat dari 1) Siswa yang aktif dalam mengajukan pertanyaan tentang materi dari 25% menjadi 53,125%, 2) Siswa berani berpendapat dalam pembelajaran dari 18,72% menjadi 53,125%, 3) Siswa mengumpulkan tugas tepat waktu dari 56,25% menjadi 93,75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep dan partisipasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Partisipasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Aris Tri Munandar |
Date Deposited: | 08 Jul 2015 06:58 |
Last Modified: | 10 Oct 2021 13:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34447 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |