Peranan Pendidikan Kepramukaan Terhadap Karakter Kedisiplinan Siswa Di SD Negeri 2 Kramat Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2014/2015

Ahda Oman Choeruman, Ahda and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2015) Peranan Pendidikan Kepramukaan Terhadap Karakter Kedisiplinan Siswa Di SD Negeri 2 Kramat Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (752kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (687kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pendidikan kepramukaan terhadap karakter kedisiplinan siswa di SD N 2 Kramat Kecamatan penawangan Kabupaten Grobogan.Variabel bebas () adalah peranan pendidikan kepramukaan dan variabel terikat (Y) adalah karakter kedisiplinan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen yang digunakan adalah uji validitas item dengan menggunakan rumus product moment. Sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Metode analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian peranan pendidikan kepramukaan terhadap karakter kedisiplinan siswa menghasilkan temuan sebagai berikut: hasil uji regresi membentuk suatu persamaan garis regresi linier Y = 2,15 + 0,86 X. Nilai = 14,521 > = 2,3189 (14,521 > 2,3189) dengan taraf signifikansi 5%, sehingga Ho ditolak. Dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 83%. Kesimpulan penelitian ini adalah Ada peranan pendidikan kepramukaan terhadap karakter kedisiplinan siswa di SD Negeri 2 Kramat Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2014/2015 dan Pendidikan kepramukaan memiliki peranan yang besar terhadap karakter kedisiplinan siswa di SD Negeri 2 Kramat Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2014/2015 sebesar 83%. Kata kunci : Pendidikan Kepramukaan, Karakter Kedisiplinan Siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kepramukaan, Karakter Kedisiplinan Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 06 Jul 2015 08:35
Last Modified: 12 Oct 2021 07:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34346

Actions (login required)

View Item View Item