Pengelolaan Metode Pembelajaran “Outing Class” Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Program Khusus Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015

Rofiandana, Fahrudin and , Dr. Samino, M.M. (2015) Pengelolaan Metode Pembelajaran “Outing Class” Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Program Khusus Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (837kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (484kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui latar belakang penerapan metode pembelajaran outing class di MIM PK Kartasura. (2) mengetahui perencanaan metode pembelajaran outing class di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Program Khusus Kartasura. (3) mengetahui pelaksanaan metode pembelajaran outing class di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Progrma Khusus Kartasura. (4) mengetahui evaluasi penerapan metode pembelajaran outing class di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Progrma Khusus Kartasura. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sedangkan desain peneliannya adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru kelas III, IV, V yang terkait pengelolaan metode pembelajaran outing class di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Progrma Khusus Kartasura. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) latar belakang dilaksanakan metode outing class salah satunya adalah metode yang monoton dan seringkali membuat anak meraa bosan. (2) Perencanaan outing class di dalam sekolah dilakukan guru kelas dalam sebuah lesson plan. Sedangkan perencanaan outing class di luar sekolah dilakukan oleh panitia yang dibentuk melalui rapat. (3) Pelaksanaan outing class di dalam sekolah dilaksanakan dilaksanakan di sekitar sekolah. Sedangkan outing class di luar sekolah dilaksanakan pada semester ganjil mengunjungi pabrik, dll. (4) outing class dievaluasi oleh guru, sedangkan outing class di luar sekolah dievaluasi oleh panitia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, metode, pembelajaran, outing class
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Jul 2015 05:42
Last Modified: 12 Oct 2021 07:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34305

Actions (login required)

View Item View Item