Permanasari, Hastin and , Dra.Sri Sutarni, M.Pd (2015) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dengan Permainan Destiny Board (PTK pada Siswa Kelas X IPA 2 MAN Gondangrejo Karanganyar Semester Genap, Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASAKAH PUBLIKASI)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (473kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
03. HALAMAN DEPAN.pdf Download (789kB) |
|
PDF (BAB I)
04. BAB I.pdf Download (206kB) |
|
PDF (BAB II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
|
PDF (BAB III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
|
PDF (BAB IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
|
PDF (BAB V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (267kB) |
|
PDF (LAMP[IRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN)
01. SURAT PERNYATAAN ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dengan permainan destiny board pada siswa kelas X IPA 2 MAN Gondangrejo Karanganyar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, sumber data guru dan siswa. Siswa kelas X IPA 2 sebagai subyek penerima tindakan yang berjumlah 40 siswa dan guru matematika sebagai subyek pemberi tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi data). Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika yang dapat dilihat dari indikator yaitu: (1) Siswa memperhatikan guru pada saat kegiatan belajar mengajar sebelum tindakan ada 14 siswa (35%), setelah tindakan menjadi 35 siswa (87,5%); (2) Keberanian siswa bertanya tentang materi yang belum dipahami sebelum tindakan ada 4 (10%), setelah tindakan ada 32 siswa (80%); (2) Keberanian siswa yang mengemukakan pendapat sebelum tindakan ada 5 siswa (12,5%), setelah tindakan menjadi 30 siswa (75%); (4) Hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebelum tindakan ada 11 siswa (27,5%), setelah tindakan ada 32 siswa (80%); Dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan permainan destiny board dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas, hasil belajar, Teams Games Tournament, destiny board |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Hastin Permanasari |
Date Deposited: | 03 Jul 2015 08:31 |
Last Modified: | 10 Oct 2021 13:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34154 |
Actions (login required)
View Item |