Upaya Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Outbound Pada Anak Kelompok Bermain Di Kb Barokah Pilang Masaran Sragen Tahun Ajaran 2014/2015

Fatimah, Siti and , Dr. Darsinah, M. Si (2015) Upaya Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Outbound Pada Anak Kelompok Bermain Di Kb Barokah Pilang Masaran Sragen Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (902kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan kinestetik anak melalui outbound. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik usia 3-4 tahun di KB Barokah Desa Pilang Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 5 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Data kecerdasan kinestetik anak dan pelaksanaan outbound dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan meliputi teknik analisis komparatif, kritis dan one-way anova. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh prosentase pencapaian anak yang mencapai berkembang sesuai harapan (BSH) ke atas yaitu pada pra siklus sebesar 33,33%, siklus I sebesar 73,33%, dan siklus II sebesar 93,33%. Selain itu, berdasarkan hasil uji F dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh hasil lebih besar dari pada atau 6,844 ≥ 3,22, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil perkembangan kecerdasan kinestetik anak pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa outbound dapat mengembangkan kecerdasan kinestetik pada anak kelompok bermain di KB Barokah Pilang Masaran Sragen tahun ajaran 2014/2015

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: outbound, kecerdasan kinestetik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Setiawan Setiawan BL
Date Deposited: 03 Jul 2015 07:27
Last Modified: 08 Oct 2021 03:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34153

Actions (login required)

View Item View Item