Pengaruh Profesi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Semester Gasal SD Negeri Sigit 3 Tahun Ajaran 2014/ 2015

KARTIKAWATI, LULUK and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2015) Pengaruh Profesi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Semester Gasal SD Negeri Sigit 3 Tahun Ajaran 2014/ 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (484kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASII.pdf

Download (305kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui prestasi belajar siswa kelas VI semester gasal dan ada tidaknya pengaruh profesi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas VI semester gasal SD Negeri Sigit 3. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri Sigit 3 yang berjumlah 21 siswa. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan variabel profesi orang tua (variabel bebas) dan prestasi belajar (variabel terikat). Metode pengumpulan data penelitian menggunakan; angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment, sedangkan uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji Normalitas metode Kolmogorov-Smirnov test dan uji Linieritas. Pada uji analisis data menggunakan Regresi Sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh thitung sebesar 2,160 lebih besar dari ttabel (>ttabel 2,093) dan sig. 0,044 (<0,05) lebih kecil dari taraf signifikansi 5%, sehingga dapat diartikan regresi antara variabel terikat prestasi belajar (Y) dengan variabel bebas profesi orang tua (X) berpengaruh positif dan signifikan dengan koefisien korelasi 0,444 dengan kontribusi yang diberikan sebesar 19,7 % sedangkan 80,3 % dipengaruhi oleh variabel lain. Sehingga perhitungan tersebut berarti hipotesis kerja (H1) diterima yaitu, “Ada pengaruh yang signifikan antara profesi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas VI semester gasal SD Negeri Sigit 3 Tahun Ajaran 2014/2015.”

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: profesi, orang tua, prestasi, belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 02 Jul 2015 08:33
Last Modified: 12 Oct 2021 07:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34096

Actions (login required)

View Item View Item