ROMDHONI, ROMDHONI (2009) IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG SISWA KELAS VIII SMP N 1 KEBONARUM KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A410040218.pdf Download (192kB) |
|
PDF
A410040218.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung. Dalam penelitian ini kesulitan yang dialami siswa dikelompokkan menjadi beberapa aspek, yaitu kesulitan pada aspek pemahaman konsep, intepretasi bahasa, pengaplikasian rumus, dan aspek perhitungan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP N 1 Kebonarum Klaten tahun ajaran 2007/2008 yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes sebagai metode pokok, dan metode angket sebagai metode bantu, serta dokumentasi sebagai pelengkap. Untuk metode tes terlebih dahulu di tryoutkan dengan uji validitas dan uji reliabilitas, soal yang valid dan reliabel kemudian diujikan pada sampel. Hasil analisis data pada penelitian ini diperoleh angka persentase kesulitan belajar pada aspek pemahaman konsep sebesar 28,65% tergolong rendah, aspek intepretasi bahasa sebesar 40,35% tergolong cukup, aspek pengaplikasian rumus sebesar 16,67% tergolong rendah, dan aspek perhitungan sebesar 47,37% tergolong cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jenis kesulitan yang tebesar sampai terkecil persentasenya adalah kesulitan pada aspek perhitungan, diikuti aspek intepretasi bahasa, aspek pemahaman konsep, dan yang terkecil aspek pengaplikasian rumus.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan belajar, identifikasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 03 Jul 2009 08:22 |
Last Modified: | 31 Jan 2011 06:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3400 |
Actions (login required)
View Item |