MAUZUNA, MAUZUNA and , Dra. Ratnasari Diah Utami, M. Si (2015) Pengaruh Pola Asuh Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Purworejo Nogosari Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (508kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (197kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (550kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (388kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: Pengaruh pola asuh orang tua, status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Purworejo. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Purworejo. Sampel penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data denggunakan analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis regresi linear berganda bersamaannya: Y = 4,858 + 0,027X1 + 0,026X2. Hasil analisis data diperoleh: (1) Pola asuh orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji t diketahui thitung>ttabel, yaitu 2,414 > 2,074 dengan sumbangan relatif 53,6% dan sumbangan efektif 23,9%. (2) Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji t diketahui thitung>ttabel, yaitu 2,233 > 2,074 dengan sumbangan relatif 46,4% dan sumbangan efektif 20,7% (3) Pola asuh dan status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji F diketahui Fhitung>Ftabel yaitu 8,869 > 3,44. Uji determinasi diperoleh hasil sebesar 0,446 menunjukkan besarnya pengaruh pola asuh dan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar sebesar 44,6%, sisanya 55,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pola asuh orang tua, status sosial ekonomi orang tua, dan prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 01 Jul 2015 07:28 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 07:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33981 |
Actions (login required)
View Item |