Profesionalisme Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015

Hanafi, Danis Satiti and , Dra. Titik Asmawati,S.E.,M.Si. (2015) Profesionalisme Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (233kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA 1,2,3.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
PERNYATAAN ARTIKEL PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Danis Satiti Hanafi/ A 210 110 185.PROFESIONALISME GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN EKONOMIDI SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta,Juni 2015. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kualitas guru dan kompleksnya masalah implementasi kurikulum 2013 di pendidikan Indonesia. Kompetensi-kompetensi pada guru profesional adalah salah satu faktor dalam keberhasilan dari tujuan kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profesionalisme guru ekonomi dalam implementasi kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian ini studi etnografi. Subyek penelitian adalah waka bagian kurikulum, guru mata pelajaran ekonomi, dan beberapa siswa yang mengikuti mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Surakarta. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Serta analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan beberapa hal sebagai berikut: Pertama SMA Negeri 1 Surakarta telah berhasil mencapai tujuan kurikulum 2013, dapat dilihat dari prestasi siswa dalam beberapa kejuaran dalam akademik dan non akademik, serta sikap dan karakter siswa yang santun. Kedua kompetensi pada profesionalisme guru mata pelajaran ekonomi dalam implementasi kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 yaitu a) Kompetensi pedagogik, guru kurang menguasai pada beberapa indikatornya yaitu dalam pengembangan metode pembelajaran, penyampaian materi, dan pengembangan pembelajaran PAKEM. Sedangkan pada pemahaman karakter siswa, penguasaan materi, pembuatan RPP, dan berkomunikasi efektif dengan siswa sudah dikuasai, b) Kompetensi kepribadian, guru sudah menguasai semua indikator-indiktornya, sehingga guru dapat menjadi teladan yang baik bagi peserta didik, c) Kompetensi sosial, guru sudah menguasai semua indikator-indikatornya, sehingga guru berhubungan harmonis dengan seluruh warga sekolah maupun masyarakat, d) Kompetensi profesional, guru kurang menguasai pada beberapa indikatornya yaitu dalam pengaplikasian ilmu yang diterima siswa di sekolah pada kehidupan nyata. Namun pada penguasaan materi, prinsip, standar kompetensi, dan pengembangan wawasan dalam pembelajaran sudah dikuasai. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian adalah guru mapel ekonomi sudah profesional dalam mengimplementasikan kurikulum 2013, namun dari aspek kompetensi pedagogik dan profesional kurang menguasai, sedangkan pada kompetensi kepribadian dan sosial sudah dikuasai. Kata kunci : implementasi, kurikulum 2013, profesionalisme guru

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: implementasi, kurikulum 2013, profesionalisme guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: DANIS SATITI HANAFI
Date Deposited: 02 Jul 2015 06:32
Last Modified: 11 Oct 2021 06:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33951

Actions (login required)

View Item View Item