Negara, Radhitya Adhiguna Chandra and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko, M.Pd (2015) Analisis Perilaku Siswa Smp Dalam Menerapkan Nilainilai Pancasila Sila Kelima Di Lingkungan Sekolah (Studi Kasus di SMP Negeri 3 Sawit Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (418kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (944kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (157kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
Abstract
Radhitya Adhiguna Chandra Negara A220110064 Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Muhammadiyah Surakarta 2015 xix+109 halaman (termasuk lampiran) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman siswa tentang nilainilai Pancasila sila kelima, pengamalan nilai-nilai Pancasila sila kelima pada siswa, serta usaha untuk meningkatkan pengamalan nilai-nilai Pancasila pada siswa di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menerapkan model interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa tentang nilainilai Pancasila sila kelima yaitu semua dirasakan kekeluargaan atau kebersamaan juga berlaku adil pada setiap orang tanpa harus mengambil hak milik orang lain. Pengamalan nilai-nilai Pancasila sila kelima pada siswa di lingkungan sekolah yaitu 1) gotong-royong membersihkan sekolah 2) mentaati tata tertib sekolah 3) tidak boros 4) tidak membeda-bedakan teman di sekolah 5) bekerja keras 6) saling menghormati orang lain 7) tidak merugikan orang lain. Usaha untuk meningkatkan pengamalan nilai-nilai Pancasila pada siswa di lingkungan sekolah yaitu dengan memberikan pemahaman oleh guru PPKn dan guru BK ketika jam mata pelajaran baik secara langsung maupun tidak langsung yang termuat dalam materi pelajaran, juga memberikan teladan berupa perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sila kelima di lingkungan sekolah oleh bapak ibu guru.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku, Nilai-nilai Pancasila |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | RADHITYA ADHIGUNA C |
Date Deposited: | 30 Jun 2015 04:25 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 06:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33851 |
Actions (login required)
View Item |