Peningkatan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Word Square Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Kliwonan 2 Tahun Ajaran 2014/2015

SARI, INDAH WAHYU PUSPITA and , Dr. Samino, M.M. (2015) Peningkatan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Word Square Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Kliwonan 2 Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (668kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (832kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas VI SD Negeri Kliwonan 2 tahun ajaran 2014/2015 melalui penerapan model Word Square. Dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam melaksanakan tindakan digunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik deskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model Word Square pada siswa kelas VI di SD Negeri Kliwonan 2. Hal ini dapat dilihat dari motivasi belajar dalam pembelajaran IPA yang terdiri dari 4 aspek, yaitu memperhatikan, menjawab pertanyan, percaya diri, dan penuh semangat. Siswa yang memperhatikan pada pra siklus sebanyak 38%; pada siklus I meningkat menjadi 48%; dan pada siklus II meningkat menjadi 77%. Siswa yang menjawab pertanyaan pada pra siklus sebanyak 31%; pada siklus I meningkat menjadi 44%; dan pada siklus II meningkat menjadi 78%. Siswa yang percaya diri pada pra siklus sebanyak 36%; pada siklus I meningkat menjadi 52%; dan pada siklus II meningkat menjadi 80%. Siswa yang penuh semangat dalam pembelajaran pada pra siklus sebanyak 33%; pada siklus I meningkat menjadi 52%; dan pada siklus II meningkat menjadi 80%. Pada penelitian ini hasil belajar IPA juga mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat pada pra siklus nilai ratarata kelas adalah 53 dan siswa yang mencapai KKM (60) sebanyak 28% atau 5 siswa; pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 62 dan siswa yang mencapai KKM (60) sebanyak 61% atau 11 siswa; dan pada siklus II nilai ratarata kelas meningkat menjadi 7I dan siswa yang mencapai KKM (60) sebanyak 89% atau 16 siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan model Word Square dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas VI SD Negeri Kliwonan 2 tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci : model, word square, motivasi, belajar, hasil, belajar

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model, word square, motivasi, belajar, hasil, belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 29 Jun 2015 07:44
Last Modified: 12 Oct 2021 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33817

Actions (login required)

View Item View Item