Hermawan, Taufik Budi and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2015) Peningkatan Kemandirian Belajar Dan Pemecahan Masalah Melalui Pendekatan Scientifik Dengan Strategi Discovery LEARNING (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Mojogedang Tahun ajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah publikasi.pdf Download (931kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman depan.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (103kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (977kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
Pernyataan publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian belajar dan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Mojogedang Karanganyar melalui pendekatan scientifik dengan strategi discovery learning. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode alur, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemandirian belajar dapat dilihat 1)Siswa yang memiliki rasa tanggung jawab dari (40%) meningkat menjadi (80%), 2)Siswa yang tidak tergantung pada orang lain dari (28,57%) meningkat menjadi (57,14%), 3)Siswa yang memiliki rasa ingin tahu yang besar dari (20%) meningkat menjadi (60%), 4)Siswa yang memiliki sikap percaya diri dari (16,67%) meningkat menjadi (51,43%). Adanya peningkatan pemecahan masalah matematika dapat dilihat 1)Siswa yang mampu memahami masalah dari (42,86%) meningkat menjadi (85,71%), 2)Siswa yang mampu merencanakan penyelesaian dari (25,71%) meningkat menjadi (65,71%), 3)Siswa yang mampu menyelesaikan masalah sesuai rencana dari (17,14%) meningkat menjadi (48,57%), 4)Siswa yang mampu melakukan pengecekan kembali terhadap semua langkah dari (14,28%) meningkat menjadi (40%), sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan scientifik dengan strategi discovery learning dapat meningkatkan kemandirian belajar dan pemecahan masalah matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan sceientifik, Discovery Learning, Kemandirian Belajar, Pemecahan Masalah. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | TAUFIK BUDI HERMAWAN |
Date Deposited: | 29 Jun 2015 08:23 |
Last Modified: | 09 Oct 2021 13:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33816 |
Actions (login required)
View Item |