PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP TERHADAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN SUDUT DAN GARIS SEJAJAR MELALUI PENDEKATAN TGT ( TEAMS GAMES TURNAMENTS ) (PTK Pembelajaran Matematika dikelas VIIE SMP Negeri 3 Kartasura)

UTAMI , DYAN DWI (2009) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP TERHADAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN SUDUT DAN GARIS SEJAJAR MELALUI PENDEKATAN TGT ( TEAMS GAMES TURNAMENTS ) (PTK Pembelajaran Matematika dikelas VIIE SMP Negeri 3 Kartasura). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040101.pdf

Download (60kB)
[img] PDF
A410040101.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan peguasaan konsep siswa padapokok bahasan sudut dan garis sejajar dengan menggunakan pendekatankooperatif tipe TGT ( Teams Games Turnaments). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematikasebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenaitindakan adalah siswa SMP Negeri 3 Kartasura yang berjumlah 41 siswa. Datadikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi.Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisissejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama prosespembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data, danpenarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan penguasaan konsep sudut dan garis sejajar. Hal ini dapat dilihat dari: (1) tingkat keaktifan siswa meliputi: a) keaktifan siswa mengerjakan soal-soalmeningkat dari (21,9%) menjadi (73,2%), b) menjawab pertanyaanguru/mengerjakan soal ke depan meningkat dari (9,76%) menjadi (46,3%), c)keaktifan siswa yang maju ke depan kelas untuk menjelaskan pada siswa lainmeningkat dari (7,32%) menjadi (24,4%), d) Siswa yang aktif memberikantanggapan tentang jawaban siswa lain meningkat dari (7,32%) menjadi (14,6%), e) keaktifan siswa mengajukan ide/tanggapan pada guru meningkat dari (7,32%)menjadi (12,2%), f) Siswa yang aktif membuat kesimpulan materi baik secarakelompok atau mandiri meningkat dari (9,76%) menjadi (21,2%), g) aktif memanfaatkan sumber belajar yang ada di sekitar meningkat dari (17,1%) menjadi(48,8%), (2) hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai ≥60 meningkat dari(29,3%) menjadi (41,5%).Kesimpulan penelitian ini adalah penguasaan konsepmatematika siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika dapat ditingkatkan melalui penerapan pendekatan kooperatif tipe TGT ( Teams Games Turnaments ).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penguasaan konsep, matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 02 Jul 2009 07:33
Last Modified: 16 Nov 2010 15:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3366

Actions (login required)

View Item View Item