Murti, Anjani Wira and , Drs. Zaenal Abidin, M.Pd. and , Drs. Arief Wibowo, M.Ag. (2015) Pemanfaatan Multimedia Oleh Guru Mata Pelajaran Akhlak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (579kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (191kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
|
PDF (BAB VI)
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
Abstract
ABSTRAK Multimedia berbasis komputer dimanfaatkan untuk meningkatkan proses belajar mengajar. Untuk mencapai proses pelajaran yang optimal dapat memanfaatkan multimedia berbasis komputer perpaduan antara audio, visual, dan audio visual yang dapat dimanfaatkan oleh guru mata pelajaran Akhlak untuk mempermudah jalanya proses pembelajaran. Maka, penulis tertarik untuk meneliti tentang ”Pemanfaatan Multimedia oleh Guru Mata Pelajaran Akhlak dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015”. Dalam penelitian ini, masalah yang dikaji adalah bagaimana pemanfaatan multimedia oleh guru mata pelajaran Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan multimedia oleh guru mata pelajaran akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah Sebagai sumber pemikiran dan bahan masukan dalam pembelajaran agar dapat memanfaatkan multimedia dalam pembelajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil latar di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan dokumentasi, observasi dan wawancara. Sedangkan metode analisis data yang digunakan menggunakan pendekatan analisis deskriptif dengan metode induktif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa untuk mencapai pembelajaran yang efektif guru yang kreatif dan inovatif sangat penting dalam proses pembelajaran serta tersedianya sarana dan prasarana yang memadai. Salah satu cara guru untuk mengajak siswa agar lebih tertarik dalam belajar, dengan memanfaatkan multimedia berbasis komputer. Guru pada mata pelajaran Akhlak menggunakan multimedia tersebut dalam pelajaran dengan menampilkan power point yang berisi materi serta penampilan video yang menarik. Dengan menggunakan multimedia berbasis komputer dalam pelajaran, mampu mmeningkatkan motivasi belajar siswa, terlihat ketika dalam proses belajar mengajar berlangsung siswa menunjukan aktivitas yang positif diantarannya, siswa nampak senang dan aktif ketika pelajaran dengan menggunakan multimedia, dengan menggunakan multimedia dalam pelajaran siswa lebih mudah menerima pelajaran karena materi pelajaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia, motivasi belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Anjani Wira Murti |
Date Deposited: | 25 Jun 2015 07:35 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 13:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33649 |
Actions (login required)
View Item |