Khusnayain, Dini and , Dra. Chusniatun, M.Ag. and , Drs. Zaenal Abidin, M.Pd. (2015) Manajemen Pembelajaran Kelas Unggulan di MTs Muhammadiyah Blimbing Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (608kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (197kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
|
PDF (BAB VI)
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PERNYATAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
Abstract
Kelas unggulan merupakan kelas yang berisi siswa pilihan yang dipilih berdasarkan syarat-syarat yang ketat, yaitu IQ , potensi akademik dan prestasi akademik yang sangat memadai dan bila diberikan pembelajaran yang baik diharapkan memperoleh hasil yang baik pula. Tujuan adanya kelas unggulan diantaranya mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan, menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan tenaga pendidik, mengembangkan potensi yang ada disekolah, meningkatkan kemampuan untuk menghadapi persaingan di dunia pendidikan dengan menciptakan keunggulan kompetitif. Akan tetapi, dalam penerapan kelas unggulan tersebut juga memberikan dampak yang negatif bagi anak diantaranya: adanya kesenjangan antara anak kelas unggulan dengan anak kelas reguler, anak kelas unggulan yang merasa lebih baik daripada anak kelas reguler, anak kelas unggulan yang merasa terbebani dengan adanya materi pembelajaran yang lebih banyak. Maka dari itu, permasalahan yang penulis angkat untuk diteliti adalah bagaimana manajemen pembelajaran kelas unggulan di MTs Muhammadiyah Blimbing tahun pelajaran 2014/2015 Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran kelas unggulan di MTs Muhammadiyah blimbing tahun pelajaran 2014/2015 Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penarikan kesimpulan dengan menggunakan metode induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan manajemen pembelajaran kelas unggulan di MTs Muhammadiyah Blimbing tahun pelajaran 2014/2015 sudah baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya kegiatan manajemen yang mencakup planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuacting (penggerakkan), dan controlling (pengawasan). Akan tetapi perlu adanya peningkatan fasilitas yang memadai bagi siswa sehingga dapat menunjang pembelajaran menjadi lebih baik.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembelajaran, Kelas Unggulan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Dini Khusnayain |
Date Deposited: | 25 Jun 2015 07:16 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 13:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33591 |
Actions (login required)
View Item |