Wiyati, Shinta Febri and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan S.H, M.Pd (2015) Implementasi Tipe Kepemimpinan Guru Dalam Membina Kedisiplinan Siswa Di SD Negeri 03 Tohudan Colomadu Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf Download (814kB) |
|
PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf Download (37kB) |
|
PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
|
PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
|
PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (115kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik guru SD Negeri 03 Tohudan Colomadu Karanganyar, untuk mendiskripsikan tipe kepemimpinan guru dalam membina kedisiplinan siswa dan untuk mengidentifikasi cara dan langkah Penegakan disiplin. Pendekatan penilaian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah: guru-guru di SDN 03 Tohudan. Teknik pengambilan data yang digunakan berupa observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan instrumen penelitian. Analisis data dilakukan dengan reduksi data , penyajian data, dan verivikasi data. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Menjadi pendidik bukan hanya mentransfer ilmu pengetahuan pada peserta didik lalu selesai, namun nilai-nilai karakter pribadi hendaklah mewarnai bahkan mengiringi pribadinya. Guru di SD Negeri 03 Tohudan memiliki karakteristik yang baik, mereka berusaha memberikan contoh teladan yang baik bagi para muridnya agar para siswa di SD Negeri 03 Tohudan dapat menaati peraturan dan bersikap disiplin. (2) Kedisiplinan di sekolah harus diutamakan, karena disiplin merupakan langkah awal untuk menuju tercapainya pendidikan dan pengajaran, tidak mungkin pendidikan dan pengajaran dapat berjalan dengan baik jika disiplin pada suatu sekolah kurang dilaksanakan. (3) Penegakkan kedisiplinan di sekolah sangat dibutuhkan, karena tanpa kedisiplinan tentu peserta didik kita akan jauh dari keteraturan terutama dalam tata tertib sekolah maupun keseriusan dalam pendidikannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepemimpinan, disiplin, dan siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Jun 2015 06:53 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 06:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33568 |
Actions (login required)
View Item |