Puspasari, Tiar Mulat and , Dra. Ratnasari Diah Utami, M.Si. (2015) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Strategi Two Stay Two Stray Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Mojoroto Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf Download (263kB) |
|
PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (557kB) |
|
PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
|
PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) |
|
PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUB_IKASI.pdf Download (509kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 01 Mojoroto tahun pelajaran 2013/2014 melalui strategi pembelajaran Two Stay Two Stray.Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah guru dan siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah pembelajaran IPS materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya. Jumlah siswa kelas IV SD Negeri 01 Mojoroto ada 20 siswa, 8 siwa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Tehnik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan tes. Tehnik anlisis data menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif yang meliputi : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa melalui metode Two Stay Two Stray dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Mojoroto.Hal ini dapat dibuktikan dengan:(1) aktivitas siswa sebelum tindakan sebesar 43,25%; pada sikus I meningkat menjadi 55% dan pada siklus II keaktivan siswa mencapai 83,4%. (2) Rata-rata nilai kelas yang diperoleh siswa dari sebelum tindakan 63,25 ; kemudian pada siklus I meningkat menjadi 71,25; pada siklus II meningkat menjadi 78,25.Persentase ketuntasan belajar siswa sebelum tindakan 20 %; pada tes siklus satu menjadi 70% kemudian pada siklus II menjadi 100%. Dengan demikian dalam penelitian ini setiap siklus mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar secara signifikan
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mengaktifkan, Kelompok Belajar, Two Stay Two Stray |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Jun 2015 04:01 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 06:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33554 |
Actions (login required)
View Item |