DUKUNGAN MINAT BELAJAR, FASILITAS BELAJAR DAN KEGIATAN ORGANISASI HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN (HMJ)TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

PRASTIAWAN, DIMAS PUJO (2009) DUKUNGAN MINAT BELAJAR, FASILITAS BELAJAR DAN KEGIATAN ORGANISASI HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN (HMJ)TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040071.pdf

Download (75kB)
[img] PDF
A410040071.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendiskripsikan minat belajar, fasilitas belajar dan kegiatan organisasi HMJ terhadap prestasi akademik matematika, (2) untuk mengetahui dukungan minat belajar, fasilitas belajar dan kegiatan organisasi HMJ terhadap prestasi akademik matematika baik secara simultan maupun parsial, (3) untuk mengetahui besarnya dukungan minat belajar, fasilitas belajar dan kegiatan organisasi HMJ terhadap prestasi akademik matematika baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini dilaksanakan di jurusan pendidikan matematika FKIP UMS dengan populasi 274 mahasiswa. Sampel 162 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis regresi. Uji prasyarat analisis normalitas,independensi dan linieritas. Hasil penelitian: (1) Minat belajar, fasilitas belajar, kegiatan organisasi HMJ dan prestasi akademik matematika tergolong sedang, (2) Secara simultan minat belajar, fasilitas belajar dan kegiatan organisasi HMJ memberikan dukungan terhadap prestasi akademik matematika dengan p = 0,000 dan Secara parsial minat belajar memberikan dukungan terhadap prestasi akademik matematika dengan p = 0,002 ryx1.23 = 0,247 dan b1 = 0,009, fasilitas belajar memberikan dukungan terhadap prestasi akademik matematika dengan p = 0,000 ryx2.13 = 0,390 dan b2 = 0,015, kegiatan organisasi HMJ tidak memberikan dukungan terhadap prestasi akademik matematika dengan p = 0,276 ryx3.12 = 0,087 dan b =0,003, (3) Secara simultan minat belajar, fasilitas belajar, kegiatan organisasi HMJ memberikan dukungan sebesar R2 = 0,316, secara parsial Minat belajar memberikan dukungan sebesar 9,843 % terhadap prestasi akademik matematika, fasilitas belajar memberikan dukungan sebesar 20,629 % terhadap prestasi akademik matematika, kegiatan organisasi HMJ memberikan dukungan sebesar 1,128 % terhadap prestasi akademik matematika. Jadi fasilitas belajar secara simultan maupun parsial memberikan dukungan terbesar terhadap prestasi akademik matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, fasilitas belajar, kegiatan organisasi HMJ, prestasi akademik matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 01 Jul 2009 08:42
Last Modified: 24 Oct 2011 07:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3351

Actions (login required)

View Item View Item