Kemampuan Keterampilan Bertanya Guru Biologi SMA Muhammadiyah Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2014/2015

Prabowo, Praditya Panji and , Dra. Hariyatmi, M.Si. (2015) Kemampuan Keterampilan Bertanya Guru Biologi SMA Muhammadiyah Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (659kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (316kB)

Abstract

Keterampilan bertanya adalah keterampilan berbicara guru berupa ucapan verbal yang meminta respons dari siswa yang dikenai agar dapat memberikan respon yang berupa pengetahuan sampai hal kemampuan berpikir. Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan keterampilan bertanya guru biologi SMA Muhammadiyah berdasarkan kurikulum 2013 di Kabupaten Klaten tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara di 4 SMA Muhammadiyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan keterampilan bertanya guru dalam kategori baik. Hasil observasi teknik bertanya secara keseluruhan diperoleh hasil prosentase 69,79%. Teknik tertinggi pada teknik kesesuaian pertanyaan 83,33% (sangat baik), sedangkan paling rendah ada pada antusias jawaban siswa 60,42% (baik). Hasil observasi jenis pertanyaan secara keseluruhan kategori baik (50,86%). Hasil guru A (47,97%), guru B (54,91%), guru C (52,38%), dan guru D (57,07%). Hasil wawancara 25% guru menyatakan sudah melakukan keterampilan bertanya dengan sangat baik, 58,33% baik, dan 16,67 cukup baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan teknik keterampilan bertanya guru biologi SMA Muhammadiyah di Kabupaten Klaten kategori baik (69,79%) dan jenis-jenis pertanyaan yang diberikan guru biologi SMA Muhammadiyah di Kabupaten Klaten kategori baik (50,86%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan bertanya, teknik bertanya, jenis pertanyaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Jun 2015 03:24
Last Modified: 10 Oct 2021 12:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33454

Actions (login required)

View Item View Item