Implementasi Penilaian Portofolio (Portofolio Assessment) Guru Mata Pelajaran IPA Di SMP Negeri 2 Banyudono

Putri, Windi Nur Apriyani and , Dra. Hariyatmi, M.Si (2015) Implementasi Penilaian Portofolio (Portofolio Assessment) Guru Mata Pelajaran IPA Di SMP Negeri 2 Banyudono. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (887kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (348kB)

Abstract

Menurut Permendikbud No.104 tahun 2014, penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penilaian portofolio (portofolio assessment) guru mata pelajaran IPA di SMP Negeri 2 Banyudono. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumenter berupa portofolio yang digunakan guru IPA dan wawancara dengan guru IPA di SMP Negeri 2 Banyudono. Data yang diperoleh berupa macam-macam portofolio yang telah disusun oleh guru IPA pada RPP semester gasal tahun ajaran 2014/2015, dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan guru dalam menyusun tes formatif uraian (38,5%), observasi keaktifan peserta didik (38,9%), LKS (19,3%), dan refleksi diri (3,1%), dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam menyusun penilaian portofolio sangat kurang baik (24,9%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: implementasi, penilaian portofolio, kemampuan guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Jun 2015 03:15
Last Modified: 12 Oct 2021 07:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33450

Actions (login required)

View Item View Item