Kemampuan Guru Mata Pelajaran Biologi Dalam Pembuatan Soal Hot (Higher Order Thinking) Di SMA Negeri 1 Wonosari Klaten

Novi Arti, Endah Putri and , Dra. Hariyatmi, M.Si (2015) Kemampuan Guru Mata Pelajaran Biologi Dalam Pembuatan Soal Hot (Higher Order Thinking) Di SMA Negeri 1 Wonosari Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (694kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (471kB)

Abstract

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 pasal 3 menjelaskan bahwa guru memiliki empat kompetensi yang salah satunya kompetensi pedagogik yang meliputi keterampilan dalam mengevaluasi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru Biologi dalam pembuatan soal HOT di SMA Negeri 1 Wonosari Klaten. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumenter berupa soal ulangan harian buatan guru Biologi dan wawancara dengan guru Biologi di SMA Negeri 1 Wonosari Klaten. Data yang diperoleh berupa kemampuan guru Biologi dalam membuat soal HOT di SMA Negeri 1 Wonosari Klaten semester gasal tahun ajaran 2014/2015, dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan guru dalam membuat soal HOT (21,2%) yaitu soal C4 (15,2%), C5 (3,0%), C6 (3,0%) dan soal LOT (78,8%) yaitu C1 (31,1%), C2 (29,8%), C3 (17,9%), dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru Biologi dalam membuat soal HOT sangat kurang baik (21,2%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan guru, HOT, taksonomi Bloom
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Jun 2015 02:52
Last Modified: 10 Oct 2021 12:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33446

Actions (login required)

View Item View Item