PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA INTERAKTIF BERBASIS KOMIK (PTK Di Kelas IV SD Negeri 1 Kuripan Purwodadi )

KHASANAH , LULUK KHOIRUL (2009) PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA INTERAKTIF BERBASIS KOMIK (PTK Di Kelas IV SD Negeri 1 Kuripan Purwodadi ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040064.pdf

Download (31kB)
[img] PDF
A410040064.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SD melalui media interaktif berbasis komik dalam belajar matmatika sub pokok bahasab keliling dan luas persegi panjang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kuripan Purwodadi yang berjumlah 38 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan ; melalui media interaktif berbasis komik dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam melajar matematika yang meliputi : (a) Kreativitas dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum dilakukan tindakan sebesar 9.37% meningkat pada putaran I sebesar 28.13%, putaran II sebesar 61.11%, putaran III sebesar 72.22%. (b) Kreativitas siswa memberikan tanggapan tentang jawaban siswa lain sebelum dilakukan tindakan sebesar 12.5% meningkat pada putaran I sebesar 25%, putaran II sebesar 47.22%, putaran III sebesar 66.67%. (c) Kreativitas siswa bertanya dan mengajukan ide sebelum dilakukan tindakan sebesar 9.37% meningkat pada putaran I sebesar 34.37%, putaran II sebesar 52.77%, putaran III sebesar 69.45%. (d) Dan kreativitas siswa memanfaatkan sumber belajar yang ada sebelum dilakukan tindakan sebesar 18.75% meningkat pada putaran I sebesar 31.25%, putaran II sebesar 55.56%, putaran III sebesar 66.67%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Media Interaktif Berbasis Komik, Persegi Panjang.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 01 Jul 2009 08:15
Last Modified: 16 Nov 2010 15:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3344

Actions (login required)

View Item View Item