Isti, Tiarani Rakhmatika and , Drs. Djumadi, M.Kes (2015) Pengaruh Aktivitas Belajar Dan Kreativitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Juwangi Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (289kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (722kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (88kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Download (207kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji:1) pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Juwangi Boyolali, 2) pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Juwangi Boyolali, 3) pengaruh aktivitas belajar dan kreativitas terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Juwangi Boyolali. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Juwangi Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel diambil sebanyak 131 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier ganda, uji t dan uji F. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa. 2) Terdapat pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan antara aktivitas belajar dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa. 4) variabel aktivitas belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 52,3% dan sumbangan efektif sebesar 26,8%. Variabel kreativitas belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 47,8% dan sumbangan efektif sebesar 24,5%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan sumbangan efektif nampak bahwa variabel aktivitas belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar IPA dibandingkan variabel kreativitas belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas belajar, kreativitas belajar dan prestasi belajar IPA. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Tiarani Rakhmatika Isti |
Date Deposited: | 17 Jun 2015 05:02 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 07:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33406 |
Actions (login required)
View Item |