Septianingsih, Ayu Meti and , Dr. Sofyan Anif, M.Si (2015) Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran ARCS Di Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Sawit Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (290kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (702kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (155kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (62kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.PDF Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
Abstract
Model pembelajaran berbasasis motivasi yang mengutamakan attention, relevance, confidence, satisfaction (ARCS) bertujuan mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII, pada materi IPA tahapan perkembangan manusia. Kembalinya sekolah tersebut pada KTSP, pembelajaran teacher center, hasil belajar dan perhatian dalam kelas masih rendah, serta kurangnya variasi model pembelajaran mendorong penelitian ini untuk menjadikan model sebagai alternatif pencapaian hasil yang memuaskan melalui aspek dalam model. Penelitian dengan desain quasi eksperimen, non-equivalent control group dengan cara menguji, membandingkan, menganalisis hasil pre-test, post-test dan data lain hasil kelas perlakuan. Hasil penelitian terdapat ≥85% dari jumlah siswa tuntas dengan nilai ≥75 (KKM sekolah), rentang nilai yang dihasilkan 50 hingga 100 pada pre-test dan post-testnya. Means yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi (81,07) daripada kelas kontrol (74,44). Hasil uji normalitas, data berditribusi tidak normal yaitu p-value pada skala kolmogorov-smirnov <0,05. Uji homogenitas juga diperoleh data homogen (0,717; 0,841) nilai Based on Mean). Berdasarkan keterangan tersebut kemudian dilakukan Hipotesis didapatkan adanya perbedaan pada hasil akhir pembelajaran dibuktikan oleh uji wilcoxon p-value 0,000 pada post-test) dengan persentase self assesment 76%(attention), 77% (relevance), 78%(confidence), 80%(satisfaction).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | arcs, model pembelajaran, hasil belajar IPA. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | AYU METI S |
Date Deposited: | 17 Jun 2015 07:25 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 07:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33379 |
Actions (login required)
View Item |