UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA PADA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN MELALUI PENDEKATAN REALISTIK (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Darussalam Surakarta)

RURIANA , RIZA ERY (2009) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA PADA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN MELALUI PENDEKATAN REALISTIK (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Darussalam Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040021.pdf

Download (91kB)
[img] PDF
A410040025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pendekatan realistik pada pokok bahasan perbandingan. Subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII SMP Darussalam Surakarta. Subjek yang melakukan tindakan penelitian adalah guru matematika bekerja sama dengan peneliti. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dalam tiga kali putaran. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Adapun presentase peningkatannya adalah sebagai berikut:1) aktivitas siswa dalam membuat dan mengemukakan ide mengalami peningkatan sebesar 67.8 %. 2) aktivitas siswa dalam bertanya kepada guru atau teman mengalami peningkatan sebesar 75 %. 3) aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan guru mengalami peningkatan sebesar 71.4 %. 4) aktivitas siswa dalam mengerjakan soal mengalami peningkatan sebesar 85.7 %. 5) aktivitas siswa dalam mengerjakan PR mengalami peningkatan sebesar 82.1 %. 6) hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 89.2 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas, realistik, hasil - belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 01 Jul 2009 07:33
Last Modified: 16 Nov 2010 15:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3332

Actions (login required)

View Item View Item