Yatun, Sritomi and , Drs. Yulianto Bambang Setyadi, M.Si (2015) Pengembangan Karakter Kreatif dan Disiplin pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Studi Kasus pada Siswa Kelas X Seni Lukis SMK Negeri 9 SurakartaTahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (468kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (815kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I .pdf Download (167kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengembangan karakter kreatif dan disiplin pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarga-negaraan di kelas X Seni Lukis SMK Negeri 9 Surakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengetahui pengembangan karakter kreatif dan disiplin pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi teknik penggumpulan data. Analisis data menerapkan model interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) pengembangan karakter kreatif dan disiplin meliputi anak selalu berupaya menampilkan sesuatu secara unik dan menampilkan ide baru, berani mengambil keputusan dengan cepat dan tepat, ingin terus berubah dan memanfaatkan peluang baru, mampu menyelesaikan masalah secara inovatif luwes, dan kritis, membiasakan tepat waktu, berhenti bermain untuk melaksanakan kewajiban, mentaati peraturan yang berlaku, menjalankan tugas sesuai jadwal, menerapkan disiplin dalam segala hal, memiliki kesadaran tentang tugas dan tanggung jawab, serta berfikir,bekerja dan bertindak dalam aturan; 2) Kendala yang dialami guru yaitu masih ada siswa yang sulit menampilkan suatu ide baru secara unik, sulit berubah untuk memanfaatkan peluang baru, kesulitan dalam menyelesaikan masalah, sulit untuk membiasakan tepat waktu, belum sepenuhnya mentaati peraturan, rendahnya kesadaran siswa akan tugas dan tanggung jawab, serta kesulitan menyampaikan materi pada siswa yang kurang serius dan menyepelekan; 3) Solusi yang dilakukan yaitu guru harus membimbing, mendampingi, menegur,mengingatkan, memberi contoh, dan selalu memotivasi siswa agar dapat mentaati peraturan serta memiliki kesadaran yang tinggi akan tugas dan tanggung jawab.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter kreatif, Disiplin, Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Sritomi Yatun |
Date Deposited: | 18 Jun 2015 02:51 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 06:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33297 |
Actions (login required)
View Item |