SARI , IKA MAYA (2009) USAHA PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN INTERAKTIF (PTK SD N MUNCAR I KELAS IV). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A410040021.pdf Download (91kB) |
|
PDF
A410040021.pdf Restricted to Repository staff only Download (629kB) |
Abstract
Kepercayaan diri siswa merupakan faktor penting dalam keberhasilan pembelajaran. Realitas yang ada menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa masih rendah. Alternatif solusinya adalah melalui pembelajaran dengan pendekatan interaktif. Penelitian ini bertujuan: 1) Meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam mengerjakan soal matematika melalui pembelajaran dengan pendekatan interaktif, 2) Meningkatkan prestasi belajar matematika siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan interaktif. Jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan interaktif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Muncar I tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini adalah: 1) Adanya peningkatan kepercayaan diri siswa yaitu sebelum tindakan 26,6%, pada putaran I 31,4%, pada putaran II 58,9%, pada putaran III 85,5%, 2) Adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu sebelum tindakan 38,7%, pada putaran I 54,8%, pada putaran II 67,7%, dan pada putaran III 90,3%. Guru matematika dapat menggunakan pendekatan interaktif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepercayaan diri, pendekatan interaktif. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 01 Jul 2009 07:25 |
Last Modified: | 02 May 2011 09:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3329 |
Actions (login required)
View Item |