Choiriyah, Dwi and , Dra. Risminawati, M.Pd (2015) Peningkatan Motivasi Belajar Tema Organ Tubuh Manusia Dan Hewan Melalui Strategi Scramble Siswa Kelas V SD Negeri Ngrandah 1 Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (739kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (199kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) |
|
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (381kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan dengan menerapkan strategi Scramble pada siswa kelas V SD Negeri Ngrandah 01 Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah guru, peneliti dan siswa kelas V SD Negeri Ngrandah 01 dengan jumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik wawancara, observasi/pengamatan dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif, diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan hasil peningkatan motivasi belajar siswa dalam Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan melalui strategi Scramble hal ini dapat dilihat dari: 1) Tekun dalam menghadapi tugas guru (mengerjakan soal) meningkat. Sebelum ada tindakan tercatat ada 38,70%, siklus I 38,70%, dan siklus II 83,87%26. 2) Ulet dan tidak putus asa (dalam menjawab pertanyaan) meningkat. Sebelum ada tindakan tercatat ada 32,25%, siklus I 48,38%, dan siklus II 87,09%. 3) Keinginan yang menarik dalam belajar (memperhatikan penjelasan guru saat pembelajaran) meningkat. Sebelum ada tindakan ada 29,03%, siklus I 38,70%, dan siklus II 77,41%. 4) Hasrat dan keinginan berhasi (mendapat prestasi/nilai bagus) meningkat. sebelum dilakukan tindakan ada 35,48%, siklus I 41,93%, dan siklus II 80,64%. 5) Senang, rajin dan belajar penuh semangat (kesiapan mengikuti pembelajaran) meningkat. Sebelum dilakukan tindakan ada 32,25%, siklus I 51,61%, dan siklus II 90,32%. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa penerapan strategi Scramble dapat meningkatan motivasi belajar tema organ tubuh manusia dan hewan siswa kelas V SD Negeri Ngrandah 1 Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2014/2015.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar, strategi Scramble |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 10 Jun 2015 08:12 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 06:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33262 |
Actions (login required)
View Item |