YUNI LUTFIANA, DIAN and , Dra. Ratnasari Diah Utami, M.Si., M.Pd (2015) Hubungan Motivasi Belajar Dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas IV Dan V SD Muhammadiyah 7 Joyosuran Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (442kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (50kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (43kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (426kB) |
Abstract
Salah satu tantangan profesional guru adalah merubah siswa yang tidak memiliki motivasi menjadi termotivasi untuk belajar dan yang tidak disipin menjadi disiplin. Pengetahuan guru tentang motivasi belajar siswa akan membantu guru memilih strategi dan perannya. Strategi dan peran yang tepat dapat meningkatkan motivasi siswa dan meningkatkan disiplin belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar siswa kelas IV dan V SD Muhammadiyah 7 Joyosuran tahun ajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini dalah semua siswa kelas IV dan V SD Muhammadiyah 7 Joyosuran. Sampel sejumlah 44 siswa diambil menggunakan teknik stratified random sampling dengan alokasi proposional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment yang sebelumnya dilakukan uji pra syarat analisis berupa uji normalitas, uji linearitas, dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh rhitung sebesar 0,683 yang memiliki interpretasi hubungan sedang/cukup berdasarkan tabel Guilford Emperical Rules. Pengujian hipotesis menggunakan uji t yang menghasilkan thitung > ttabel yaitu 6,06 > 2,0181. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang sedang/cukup antara motivasi belajar dengan disiplin belajar siswa kelas IV dan V SD Muhammadiyah 7 Joyosuran tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci: disiplin belajar. motivasi belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | disiplin belajar. motivasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 08 Jun 2015 12:29 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 05:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33219 |
Actions (login required)
View Item |