Arundati, Dewi and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd AUD (2015) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Kereta Bernomor Pada Kelompok B Di TK Pertiwi 03 Brujul Jaten Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (721kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB 1.pdf Download (156kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (82kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (Pernyataan Naskah Publikasi)
PERNYATAAN NASKAH PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
Abstract
Kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 03 Brujul masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B di TK Pertiwi 03 Brujul melalui permainan kereta bernomor. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek anak didik kelompok B di TK Pertiwi 03 Brujul, sebanyak 15 anak terdiri dari 8 laki-laki dan 7 perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tahap tindakan/pelaksanaan, tahap pengamatan/observasi dan refleksi. Data kemampuan berhitung anak dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumntasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis komparatif berdasarkan hasil observasi terhadap perkembangan berhitung anak, serta diambil berdasarkan hasil persiklus dibandingkan dengan indicator kinerja persiklus. Hasil penelitian sebelum pelaksanaan siklus diperoleh hasil 51,66%, siklus I mencapai 65,36% dan siklus II 84,83%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui permainan kereta bernomor dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK Pertiwi 03 Brujul TahunAjaran 2014/2015. Kata Kunci : Permainan Kereta Bernomor, Kemampuan Berhitung.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan Kereta Bernomor, Kemampuan Berhitung |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | DEWI ARUNDATI |
Date Deposited: | 16 Jun 2015 07:30 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 02:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33165 |
Actions (login required)
View Item |