Peningkatan Minat Belajar IPA Materi Struktur Bumi Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas V SD Negeri Ronggo 03 Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015

Purnomo, Mokhamad Suryo and , Drs. Andi Haris Prabawa, M.Hum. (2015) Peningkatan Minat Belajar IPA Materi Struktur Bumi Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas V SD Negeri Ronggo 03 Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PBLIKASI.pdf

Download (548kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (399kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini yaitu rendahnya minat belajar siswa pada pelajaran IPA materi struktur bumi karena guru tidak menggunakan media yang tepat dan terlalu banyak menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPA materi struktur bumi melalui media gambar pada siswa kelas V SD Negeri Ronggo 03 semester II tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Siklus pertama melalui media gambar biasa dan siklus kedua menggunakan media gambar yang ditampilkan dalam slide atau LCD proyektor. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Ronggo 03, dengan subjek penelitian siswa kelas V dengan jumlah 26 siswa, terdiri dari 13 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki dan objek penelitian ini adalah minat belajar siswa dan penggunaan media gambar. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi (pengamatan), dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif.dengan cara pensekoran dan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar siswa siklus I memperoleh ratarata skor 23,9 dengan kategori baik dan siklus II memperoleh rata-rata skor 29,6 dengan kategori sangat baik. Prosentase minat belajar siswa pada siklus I yaitu 68,4% dan pada siklus II prosentasenya 84,6%. Data hasil penggunaan media gambar pada siklus I memperoleh rata-rata skor 26 dengan kategori baik dan siklus II memperoleh rata-rata skor 32 dengan kategori sangat baik. Prosentase penggunaan media gambar pada siklus I 74,3% dan pada siklus II prosentasenya 91,4%. Siklus I prosentase ketuntasannya 65,38% atau 17 siswa yang tuntas dan siklus II ketuntasannya menjadi 84,61% atau 22 siswa yang tuntas. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa kelas V SD Negeri Ronggo 03 semester II tahun pelajaran 2014/2015 pada pelajaran IPA materi struktur bumi dapat ditingkatkan melalui media gambar dan penggunaan media gambar dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran baik dari prakegiatan, kegiatan awal, inti, dan kegiatan akhir atau penutup sehingga dapat dijadikan salah satu alternatif solusi untuk meningkatkan pembelajaran IPA di SD.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar IPA, Media Gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Jun 2015 03:22
Last Modified: 10 Oct 2021 23:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33146

Actions (login required)

View Item View Item