Dimensi Religius Dalam Kumpulan Sajak Sembahyang Karang Karya Arini Hidajati: Kajian Semiotik Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sma

Suryani, Pipit Dwi and , Prof. Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. and , Drs. Zainal Arifin, M.Hum. (2015) Dimensi Religius Dalam Kumpulan Sajak Sembahyang Karang Karya Arini Hidajati: Kajian Semiotik Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sma. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (493kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan latar sosio-historis Arini Hidajati, (2) unsur-unsur sajak Sembahyang Karang karya Arini Hidajati, (3) bentuk dimensi religius dalam kumpulan sajak Sembahyang Karang dikaji dengan semiotik sastra, dan (4) mengimplementasikan dimensi religius dalam pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah kata dan kalimat. Sumber data penelitian ini adalah kumpulan sajak Sembahyang Karang karya Arini Hidajati diterbitkan Putra Langit, Juni 2003 tebal 92 halaman. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik analisis data menggunakan pembacaan model semiotik terdiri atas pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini ada empat (1) Arini Hidajati dilahirkan di Tegalsambi, Jepara pada tanggal 5 Juni 1972. Arini Hidajati senang mengangkat tema anak-anak dan agama. Arini sekarang bekerja sebagai editor di sebuah penerbit di daerahYogykarta, serta mengajar private anak-anak. (2) Unsur-unsur sajak dibentuk oleh imaji, simbol, irama, suasana, tema, dan gaya bahasa. (3) Dimensi religius padakumpulan sajak Sembahyang Karang terdiri dari emosi keagamaan, sistem kepercayaan, dan sistem upacara keagamaan. Dimensi religius yang paling dominan adalah sistem kepercayaan. (4) Penelitian ini dapat diimplementasikan dalam pembelajaran sastra di SMA kelas X semester 2 dengan standar kompetensi 14. Mengungkapkan pendapat terhadap puisi. Kompetensi dasar 14.1 membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi. Berdasarkan analisis kumpulan sajak Sembahyang Karang dimensi religius mendorong siswa bertingkah laku, bersikap, dan berbuat dalam membangun keimanan kepada Tuhan sesuai dengan ajaran agama yang telah dianutnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dimensi religius, sajak, semiotik sastra, bahan ajar sastra di SMA
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: PIPIT DWI SURYANI
Date Deposited: 30 May 2015 02:51
Last Modified: 06 Oct 2021 15:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33133

Actions (login required)

View Item View Item