Yanti, Fika and , Drs. Yulianto Bambang Setyadi, M.Si (2015) Pemahaman Nilai Persatuan Indonesia Dan Minat Belajar Pengaruhnya Terhadap Penguasaan Materi Menjelajah Masyarakat Indonesia Dalam Kurikulum 2013 Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (HalamanDepan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (156kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (503kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemahaman nilai persatuan Indonesia dan minat belajar terhadap penguasaan materi Menjelajah Masyarakat Indonesia dalam kurikulum 2013 pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Boyolali tahun pelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 147 siswa yang mencakup enam kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa yang diambil dengan menerapkan teknik pengambilan sampel kombinasi (combined sampling), yaitu quota purposive proportional random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket dan tes. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data mengenai minat belajar sedangkan metode tes digunakan untuk mengumpulkan data mengenai pemahaman nilai persatuan Indonesia dan penguasaan materi Menjelajah Masyarakat Indonesia. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan model analisis regresi dua prediktor dengan rumus: Freg = Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Freg = 3807,632, setelah dikonsultasikan dengan Ftabel dengan db (2;57;0,05) ditentukan besarnya Ftabel = 3,16 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian hasil analisis Freg berada di atas nilai Ftabel untuk taraf signifikansi 5% yaitu 3807,632 > 3,16, sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh pemahaman nilai persatuan Indonesia dan minat belajar terhadap penguasaan materi Menjelajah Masyarakat Indonesia terbukti dan dapat diterima kebenarannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman nilai persatuan Indonesia memberikan sumbangan relatif sebesar 36,84%, sedangkan minat belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 63,16%. Pemahaman nilai persatuan Indonesia memberikan sumbangan efektif sebesar 36,56%, sedangkan minat belajar memberikan sumbangan efektif sebesar 62,69% terhadap penguasaan materi Menjelajah Masyarakat Indonesia dalam kurikulum 2013 pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Boyolali tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar mempunyai pengaruh yang lebih dominan dibandingkan dengan pemahaman nilai persatuan Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari pemahaman nilai persatuan Indonesia dan minat belajar terhadap penguasaan materi Menjelajah Masyarakat Indonesia. Semakin tinggi pemahaman nilai persatuan Indonesia dan minat belajar, maka akan semakin tinggi pula penguasaan materi Menjelajah Masyarakat Indonesia. Artinya pemahaman nilai persatuan Indonesia dan minat belajar merupakan faktor-faktor yang ikut mempengaruhi penguasaan materi Menjelajah Masyarakat Indonesia.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman nilai persatuan Indonesia, minat belajar, penguasaan materi Menjelajah Masyarakat Indonesia. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 May 2015 03:50 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 06:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33079 |
Actions (login required)
View Item |