Wardani, Farida Retno and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd. (2015) Kontribusi Kualitas Media Pembelajaran Dan Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Kreativitas Belajar Akuntansi Pada Siswa Kompetensi Keahlian Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
04.BAB I.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Bab II)
05.BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
|
PDF (Bab III)
06.BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
|
PDF (Bab IV)
07.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
|
PDF (Bab V)
08.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (886kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kontribusi kualitas media pembelajaran terhadap kreativitas belajar akuntansi pada siswa kompetensi keahlian akuntansi, 2) kontribusi persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap kreativitas belajar akuntansi pada siswa kompetensi keahlian akuntansi, 3) kontribusi kualitas media pembelajaran dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap kreativitas belajar akuntansi pada siswa kompetensi keahlian akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI kompetensi keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 190 siswa dengan sampel sebanyak 123 siswa yang diambil dengan teknik proposional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 17,446 + 0,276X1 + 0,299X2, artinya kreativitas belajar siswa dipengaruhi oleh kualitas media pembelajaran dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) kualitas media pembelajaran berkontribusi terhadap kreativitas belajar siswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kualitas media pembelajaran sebesar 2,522 sehingga thitung > ttabel atau 2,522>2,269 dengan nilai signifikansi 0,013<0,05. (2) persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru berkontribusi terhadap kreativitas belajar siswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru sebesar 2,713 sehingga thitung > ttabel atau 2,713>2,269 dengan nilai signifikansi 0,008<0,05. (3) kualitas media pembelajaran dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 23,670 >Ftabel (3,072) dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0.283, berarti 28,3% kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dipengaruhi oleh variabel kualitas media pembelajaran dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru, sisanya sebesar 71,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media, persepsi keterampilan mengajar, kreativitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 25 May 2015 05:23 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 03:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33069 |
Actions (login required)
View Item |