Studi Komparasi Hasil Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015

Kasari, Noviana Fitri and , Drs. Joko Suwandi, SE, M.Pd (2015) Studi Komparasi Hasil Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar ekonomi siswa dengan gaya belajar visual, gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2014. Jenis penelitian adalah kuantitatif komparatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1Surakarta tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 220 siswa dengan pengambilan sampel 135 siswa dengan teknik Simple Random Sample. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumentasi dan observasi. Pengelompokan gaya belajar siswa menggunakan angket yang telah diuji cobakan dengan uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Prasyarat uji analisis dilakukan dengan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Teknik analisis data menggunakan Analisis Variasi Satu Jalur (One-Way ANOVA), dengan uji lanjut menggunakan Duncan Test. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan teknik uji anova satu jalur, diketahui terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2014/2015 pada pokok materi perpajakan. Dari hasil anova satu jalur diketahui Fhitung > Ftabel yaitu 3,254 > 3,06 dengan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,035, maka H0 ditolak. Berarti hasil belajar dari ketiga gaya belajar tersebut tidak sama atau berbeda nyata. Gaya belajar auditorial merupakan gaya yang paling dominan. Dari 135 siswa diketahui ada 69 siswa memiliki gaya belajar auditorial dengan rata-rata nilai ulangan sebesar 75,22, sedangkan 34 siswa memiliki gaya belajar visual dengan nilai rata-rata ulangan sebesar 70,00 dan sisanya sebanyak 32 siswa memiliki gaya belajar kinestetik dengan rata-rata nilai ulangan 68,50.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: gaya belajar, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 May 2015 02:32
Last Modified: 11 Oct 2021 03:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33067

Actions (login required)

View Item View Item