Peningkatan Keaktifan Dan Kemampuan Komunikasi Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match (PTK Pada Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 3 Ngadirojo Wonogiri Tahun 2014/2015)

Rahayu, Riyana Hari and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2015) Peningkatan Keaktifan Dan Kemampuan Komunikasi Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match (PTK Pada Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 3 Ngadirojo Wonogiri Tahun 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (142kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (381kB)

Abstract

Tujuan penelitian, untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan komunikasi belajar matematika pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 3 Ngadirojo dengan model pembelajaran Make A Match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode alur yaitu proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan kemampuan komunikasi matematika, hal ini dapat dilihat dari: (1) siswa mampu mengerjakan tugas dari kondisi awal 19,23% meningkat menjadi 84,61% (2) siswa mampu menyelesaikan soal latihan dari kondisi awal 26,92% meningkat menjadi 73,07%. (3) siswa mampu bekerjasama dalam kelompok menunjukkan peningkatan dari kondisi awal 11,53% meningkat menjadi 76,92%. Dilihat dari beberapa indikator kemampuan komunikasi belajar sebagai berikut : (1) siswa mampu menjawab pertanyaan dari kondisi awal 19,23% meningkat menjadi 88,46% (2) siswa mampu mengajukan pertanyaan dari kondisi awal 38,46% meningkat menjadi 80,76%. (3) siswa mampu mengemukakan ide matematika secara tertulis menunjukkan peningkatan dari kondisi awal 26,92% meningkat menjadi 73,07%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran make a match dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan komunikasi belajar matematika pada siswa kelas VIIIG SMP Negeri 3 Ngadirojo tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan; kemampuan komunikasi belajar; make a match
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 May 2015 04:24
Last Modified: 09 Oct 2021 04:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33057

Actions (login required)

View Item View Item