Ismiati, Yutik and , Drs. Ariyanto, M.Pd. (2015) Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (PTK pada siswa kelas XI OC SMK Harapan Kartasura tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
1.HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
2.BAB I.pdf Download (177kB) |
|
PDF (Bab II)
3.BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
|
PDF (Bab III)
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
|
PDF (Bab IV)
5.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
|
PDF (Bab V)
6.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
|
PDF (Lampiran)
8.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
9.NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (778kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan keaktifan belajar matematika siswa dengan strategi kooperatif tipe Think- Pair-Share pada siswa kelas XI OC SMK Harapan Kartasura. Desain penelitian ini adlaah penelitian tindakan kelasyang dilaksanakan secara kolaborasi antara guru matematika dan peneliti. Siswa kelas XI OC berperan sebagai subyek pemberi tindakan, peneliti sebagai observer, sedangkan obyek penelitian adalah kemampuan komunikasi dan keaktifan belajar matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah proses analisis data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah peningkatan kemampuan komunikasi dan keaktifan belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari indikator kemampuan dan keaktifan belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari indikator kemampuan komunikasi, yaitu: (1) Berbicara mengeluarkan ide atau gagasan, pra siklus 25%, siklus I 50%, siklus II 67,85%. (2) Menulis konsep matematika, pra siklus 53,57%, siklus I 67,85%, siklus II 82,14%. (3) Menjelaskan konsep matematika, pra siklus 32,14%, siklus I 53,71%, siklus II 85,71%. Indikator keaktifan siswa, yaitu: (1)Mempresentasikan hasil didkusi, pra siklus 17,85%, siklus I 35,71%, siklus II 72, 14%. (2) Mengajukan pertanyaan, pra siklus 21,42%, siklus I 25%, siklus II 78,57%. (3) Mengerjakan soal di depan kelas, pra siklus 28,57%, siklus I 46,42%, siklus Ii 72,42%. Berdasarkan uraian yang dikemukakan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan keaktifan belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan komunikasi; Keaktifan; Kooperatif; Think-Pair-Share. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 May 2015 03:40 |
Last Modified: | 10 Oct 2021 02:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33054 |
Actions (login required)
View Item |