Aprihatiningsih, Nur and , Dra. Sri Arfiah, SH, M.Pd (2015) Simulasi Model Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Berbasis Kesenjangan Harapan-Kenyataan Tentang Penerapan Demokrasi Di Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (79kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (677kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (584kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kesenjangan harapan-kenyataan tentang penerapan demokrasi di Indonesia melalui simulasi model pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Kesenjangan harapan-kenyataan tentang penerapan demokrasi di Indonesia dibuat dalam bentuk video dan disampaikan kepada siswa dalam proses pembelajaran. Simulasi model pembelajaran ini, dipraktikan oleh peneliti beserta peserta yang sekaligus merakap sebagai observer dalam penelitian ini. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan, tempat dan peristiwa, dan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan mengkaji dokumen. Istrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemodan wawancara, lembar observasi dan telaah dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Simulasi model pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berbasis kesenjangan harapan-kenyataan merupakan bentuk pembelajaran baru yang dibuat untuk mempermudah cara belajar siswa dalam memahami materi tentang penerapan demokrasi di Indonesia. Materi yang disajikan dalam bentuk video. Materi dibuat seringkas mungkin dengan membandingkan teori sesungguhnya dengan kasus yang ada di media masa. 2) Pelaksanaan simulasi model pembelajaran ini memiliki kelebihan dan kelemahan. Kelebihan dan kelemahan diperoleh melalui hasil pengamatan yang dilakukan oleh observer. Hal itu terkait dengan model, strategi, atau atau bahan yang digunakan dalam pembelajaran. 3) Kelemahan dalam simulasi model pembelajaran disempurnakan kembali oleh peneliti dengan memberikan masukan agar model pembelajaran berbasis kesenjangan harapan-kenyataan layak untuk dipraktikan dalam pembelajaran
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | simulasi model pembelajaran, kesenjangan harapan-kenyataan, penerapan demokrasi di Indonesia. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 May 2015 02:52 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 05:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33032 |
Actions (login required)
View Item |