Pengembangan Kemempuan Berbahasa Anak Melalui Bercerita Dengan Hand Puppet pada Kelompok B di TK cempaka Musuk Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014

Ariyanti, Nanik and , Dra. Surtikanti, S.H., M.Pd and , Junita Dwi Wardhani, SE. M,Ed (2014) Pengembangan Kemempuan Berbahasa Anak Melalui Bercerita Dengan Hand Puppet pada Kelompok B di TK cempaka Musuk Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Judul)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (816kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (558kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak melalui bercerita dengan hand puppet. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas adalah suatu upaya untuk mencermati kegiatan belajar sekelompok peserta didik dengan memberikan sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan,Tindakan tersebut dilakukan secara kolaborasi dengan pihak yang bersangkutan. Tujuan diadakannya suatu penelitian tindakan kelas adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Peneliti ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus ada dua kali pertemuan. Prosedur penelitian melalui empat langkah yaitu peerncanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak didik TK Cempaka Musuk Boyolali, yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 8 perempuan dan 12 laki-laki. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan tabulasi skor. Hasil penelitian penelitian setiap siklus menunjukkan adanya pengembangan kemampuan berbahasa anak mulai dari pra siklus 37,2%, siklus I adalah 54,4%, dan siklus II dengan hasil 75,62%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan kemampuan berbahasa anak melalui bercerita dengan hand puppet pada kelompok B di TK Cempaka Musuk Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dari siklus I sampai siklus II mengalami kenaikan yang baik

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahasa, Bercerita, Hand puppet
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1508 not found.
Date Deposited: 19 May 2015 07:18
Last Modified: 18 Oct 2021 04:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33007

Actions (login required)

View Item View Item