Irta Sari, Yuliani and , Drs. Achmad Fathoni, S.E., M.Pd (2014) Pengaruh Keterampilan Menggunakan Variasi Mengajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Di Sd Negeri Dawungan 1. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (872kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (162kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (462kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adanya pengaruh keterampilan menggunakan variasi mengajar terhadap motivasi belajar siswa kelas tinggi di SD Negeri Dawungan 1 tahun ajaran 2014/ 2015, (2) seberapa besar pengaruh keterampilan menggunakan variasi mengajar terhadap motivasi belajar siswa kelas tinggi di SD Negeri Dawungan 1 tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengetahui seberapa besar keterampilan menggunakan variasi mengajar guru dan motivasi belajar siswa, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data siswa kelas tinggi di SD Negeri Dawungan 1. Sebelum melakukan penelitian terlebih dahulu peneliti melakukan uji coba (try out) angket untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Dalam melakukan penelitian, sebelum melakukan uji hipotesis peneliti terlebih dahulu melakukan uji prasyarat normalitas dan uji prasyarat linieritas. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh keterampilan menggunakan variasi mengajar terhadap motivasi belajar siswa. berdasarkan hasil perhitungan dengan SPSS 16 diperoleh thitung = 4,861, untuk taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 2,467, karena thitung 4,861 > ttabel 2,467 jadi dapat dibuktikan bahwa regresinya signifikan. Keterampilan menggunakan variasi mengajar berpengaruh sebesar 45,8% terhadap motivasi belajar siswa, sedangkan sisanya 54,2% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan, Variasi, Mengajar, Motivasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1508 not found. |
Date Deposited: | 12 May 2015 08:19 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 06:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32994 |
Actions (login required)
View Item |