Sulistiani, Destya Pratama and , Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum. (2015) Campur Kode Pada Wacana Iklan Di Harian Suara Merdeka Edisi September-Oktober 2014 Kajian Sosiolinguistik. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (539kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (863kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (242kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (71MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (487kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan kajian tentang campur kode pada wacana iklan di harian Suara Merdeka edisi September-Oktober 2014. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bentuk campur kode pada wacana iklan di harian Suara Merdeka edisi September-Oktober 2014, (2) Mendeskripsikan faktor penyebab campur kode pada wacana iklan di harian Suara Merdeka edisi September-Oktober 2014. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah campur kode pada wacana iklan harian Suara Merdeka edisi September-Oktober 2014. Sumber data dari penelitian ini adalah wacana iklan di harian Suara Merdeka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik lanjutan yaitu teknik catat. Metode penelitian ini menggunakan metode padan intralingual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk campur kode pada wacana iklan di harian Suara Merdeka Edisi September-Oktober 2014 meliputi campur kode berupa bentuk kata yaitu kata benda terdiri dari 7 campur kode, kata sifat terdiri dari 11campur kode, kata kerja terdiri dari 10 campur kode, dan kata keterangan terdiri dari 2 campur kode. Campur kode berupa bentuk frasa yaitu frasa nomina terdiri dari 16 campur kode, frasa adjektiva terdiri dari 7 campur kode, dan frasa verba terdiri dari 4 campur kode. Campur kode berupa bentuk klausa terdiri dari 11campur kode. Campur kode berupa bentuk kalimat terdiri dari 2 campur kode. Jadi data yang telah diteliti sebanyak 70 campur kode. Faktor penyebab campur kode adalah sikap, kebiasaan, dan kebahasaan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | campur kode, wacana iklan, harian Suara Merdeka. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Unnamed user with username a310110097 |
Date Deposited: | 08 May 2015 01:46 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 14:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32983 |
Actions (login required)
View Item |