DARMA, ADITYA and , Dra. Risminawati, M.Pd (2015) Pengaruh Jam Belajar Masyarakat Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 02 Kalisoro Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
1 NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (240kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
3 HALAMAN DEPAN.pdf Download (761kB) |
|
PDF (Bab I)
4 BAB I.pdf Download (193kB) |
|
PDF (Bab II)
5 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
|
PDF (Bab III)
6 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
|
PDF (Bab IV)
7 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
|
PDF (Bab V)
8 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Lampiran)
10 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
2 SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jam belajar masyarakat, fasilitas belajar, jam belajar masyarakat dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 02 Kalisoro. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis stasistik. PopulasI penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi (IV, V, VI) SD Negeri 02 Kalisoro yang berjumlah 41 siswa . Sampel penelitian ini menggunakan sampel populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi, SR dan SE yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y= 43,040+ 0,260X1+ 0,308X2. Hasil analisis data taraf signifikansi 5% diperoleh: (1) Jam belajar masyarakat berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,151 > 2,023 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,038 dengan sumbangan relatif sebesar 42,6% dan sumbangan efektif sebesar 16,8%. (2) Fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,703 > 2,023 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,010 dengan sumbangan relatif sebesar 57,4% dan sembangan efektif sebesar 22,6%. (3) Jam belajar masyarakat dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini berdasarkan uji F diketahui bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 12,354 > 3,23 dengan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jam belajar masyarakat, Fasilitas belajar dan Prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 08 May 2015 02:24 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 05:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32981 |
Actions (login required)
View Item |