Kurniawati, Linda and , Dr. Hj. Suyatmini, SE., M.Si. (2015) Prestasi Belajar Kewirausahaan Ditinjau Dari Motivasi Belajar Dan Lingkungan Sekolah Pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Delanggu Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (109kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) perbedaan prestasi belajar kewirausahaan ditinjau dari motivasi belajar yang tinggi, sedang dan rendah. 2) perbedaan prestasi belajar kewirausahaan ditinjau dari lingkungan sekolah yang kondusif dan tidak kondusif. 3) perbedaan prestasi belajar kewirausahaan ditinjau dari motivasi belajar yang tinggi, sedang rendah dan lingkungan sekolah yang kondusif dan tidak kondusif. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Muhammadiyah Delanggu yang berjumlah 235 siswa dengan sampel 142 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varian dua arah. Berdasarkan dari analisis varian dua arah didapatkan hasil sebagai berikut: 1) variabel motivasi belajar dibagi menjadi tiga kriteria yaitu, a) Kriteria Tinggi = 40,18-43,86 sebanyak 4 siswa. b) Kriteria Sedang = 29,14-36,50 sebanyak 115 siswa. c) Kriteria Rendah= 21,78-25,46 sebanyak 23 siswa. 2) variabel lingkungan sekolah dibagi menjadi dua kriteria yaitu, a) Kriteria kondusif = >32,96 sebanyak 79 siswa. b) Kriteria tidak kondusif = <32,96 sebanyak 63 siswa. 3) pengujian hipotesis pertama Fhitung 0,322 < Ftabel 3,083 dan dengan probabilitas 0,725 > nilai signifikansi 0,05, 4) pengujian hipotesis kedua Fhitung 0,476 < Ftabel 3,083 dan dengan probabilitas 0,491 > nilai signifikansi 0,05, 5) pengujian hipotesis ketiga Fhitung 0,274 < Ftabel 3,083 dan dengan probabilitas 0,602 > nilai signifikansi 0,05. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan, 1) tidak ada perbedaan prestasi belajar kewirausahaan berdasarkan motivasi belajar yang tinggi, sedang dan rendah. Hal ini terbukti dengan perhitungan Fhitung < Ftabel dan probabilitas > nilai signifikansi atau 0,322 < 3,083 dan 0,725 > 0,05, 2) tidak ada perbedaan prestasi belajar kewirausahaan berdasarkan lingkungan sekolah yang kondusif dan tidak kondusif. Hal ini terbukti dengan perhitungan Fhitung < Ftabel dan probabilitas > nilai signifikansi atau 0,476 < 3,083 dan 0,491 > 0,05, 3) tidak ada perbedaan prestasi belajar kewirausahaan berdasarkan motivasi belajar yang tinggi, sedang, rendah dan lingkungan sekolah yang kondusif dan tidak kondusif. Hal ini terbukti dengan perhitungan Fhitung < Ftabel dan probabilitas > nilai signifikansi atau 0,274 < 3,083 dan 0,602 > 0,05.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | prestasi belajar, motivasi belajar, lingkungan sekolah. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 06 May 2015 05:06 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 02:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32969 |
Actions (login required)
View Item |