Toleransi Umat Islam Terhadap Upacara Agama Hindu Di Candi Cetho Dusun Cetho Desa Gumeng Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar

Handayani, Dwi and , Dra. Sri Arfiah, SH, M.Pd (2015) Toleransi Umat Islam Terhadap Upacara Agama Hindu Di Candi Cetho Dusun Cetho Desa Gumeng Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (828kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (598kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk toleransi, partisipasi, keuntungan dan kerugian umat Islam terhadap upacara adat umat Hindu. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik atau metode pengumpulan data. Analisis data menerapkan model interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat di sekitar candi Cetho memiliki sikap toleran walaupun berbeda agama, yakni tidak menggangu pada saat prosesi upacara berlangsung, masyarakat bergotong royong dan saling bahu membahu apabila terdapat acara disana, penduduk yang muslim juga ikut menghormati hari besar adama Hindu misalnya pada saat Nyepi tidak menyalakan lampu maupun melakukan aktivitas yang lain, selalu bermusyawarah apabila akan mengadakan event atau acara di candi Cetho. Partisipasi yang ditunjukan oleh masyarakat muslim terhadap upacara adat agama Hindu sangat baik, mereka saling bergtong royong membntu mempersiapkan segala kebutuhan apabila terdapat event di candi misalnya membantu menyiapkan sesaji dan membersihkan candi. Keuntungan yang didapatkan terkait hal tersebut sangat bervariasi mulai dari meningkatnya pendapatan daerah yang di peroleh dari biaya retribusi masuk kedalam lokasi candi sampai sebagai wadah mata pencaharian masyarakat sekitar candi. Adapun kerugian yang didapatkan oleh masyarakat yaitu rusaknya akses menuju lokasi karena banyaknya kendaraan yang melintas sehingga menyebabkan jalan sedikit berlubang. Namun, dilihat dari segi kenyamanan masyarakat di daerah tersebut, sama sekali tidak merasa terganggu dengan adanya aktifitas peribadatan di desa mereka.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Toleransi, Umat Islam, Upacara Agama Hindu
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 May 2015 02:13
Last Modified: 12 Oct 2021 05:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32953

Actions (login required)

View Item View Item