Studi Komparasi Strategi Numbered Head Together Dengan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Mertan 03 Dan SD Negeri Mertan 04 Bendosari Sukoharjo Tahun 2014/2015

YUDHA, DIMAS WIRA and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2015) Studi Komparasi Strategi Numbered Head Together Dengan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Mertan 03 Dan SD Negeri Mertan 04 Bendosari Sukoharjo Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (543kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img] PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] PDF (Naskah publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan pengaruh strategi Numbered Head Together dengan strategi Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Mertan 03 dan SD Negeri Mertan 04 Bendosari Sukoharjo, (2) strategi manakah yang lebih berpengaruh antara strategi Numbered Head Together dengan strategi Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Mertan 03 dan SD Negeri Mertan 04 Bendosari Sukoharjo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Subyek dalam penelitian ini siswa kelas V di SD Negeri Mertan 03 dan siswa kelas V di SD Negeri Mertan 04 Bendosari Sukoharjo tahun 2014/2015. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji keseimbangan dan uji normalitas. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,1631 > 1,997 dengan nilai rata-rata hasil belajar kelas V di SD Negeri Mertan 03 lebih besar dibandingkan kelas V di SD Negeri Mertan 04, yaitu 83,67 > 77,78. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) ada perbedaan pengaruh antara strategi Numbered Head Together dan strategi Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Mertan 03 dan SD Negeri Mertan 04 Bendosari Sukoharjo, (2) strategi Numbered Head Together lebih berpengaruh daripada strategi Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Mertan 03 dan SD Negeri Mertan 04 Bendosari Sukoharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Numbered Head Together, Snowball Throwing, hasil belajar.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username a310110004
Date Deposited: 05 May 2015 08:33
Last Modified: 12 Oct 2021 05:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32941

Actions (login required)

View Item View Item