PENGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN YANG INOVATIF BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR

FUAD , MUHAMMAD CHOIRUL (2009) PENGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN YANG INOVATIF BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410030193.pdf

Download (122kB)
[img] PDF
A410030114.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan (1) perhatian siswa, (2) keaktifan siswa, (3) pemahaman matematika siswa kelas VIII-A MTs Assalafi Kenteng, Susukan, yang berjumlah 25 siswa. Subyek pelaksana tindakan adalah peneliti, dan subyek yang membantu pelaksanan adalah guru matematika dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan review. Pada penelitian tindakan kelas ini analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Analisis deskriptif kualitatif dilakukan dengan metode alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dikembangkan selama proses tindakan berlangsung. Untuk selanjutnya diambil daya serap melalui latihan-latihan soal pada setiap putaran. Hasil penelitian ini adalah pemanfaatan media pembelajaran yang berbasis komputer jika diterapkan dengan baik dalam pembelajaran matematika maka akan dapat meningkatkan pemahaman siswa. Perhatian siswa dalam proses pembelajaran meningkat, yaitu sebelum adanya penelitian tindakan 48%, pada putaran I 72%, putaran II 84%, dan putaran III 92%. Keaktifan siswa dalam menyelesaiakan soal dipapan tulis dalam proses pembelajaran meningkat, yaitu sebelum adanya penelitian tindakan 4%, pada putaran I 4%, putaran II 12%, dan putaran III 20%. Adanya peningkatan kemampuan mengerjakan soal latihan melalui pemanfaatan media yang berbasis komputer dalam pembelajaran matematika yaitu sebelum adanya penelitian tindakan, siswa yang memperoleh nilai ≥ 60 sebanyak 48%, pada putaran I sebanyak 64%, putaran II sebanyak 80%, dan putaran III sebanyak 92%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui pengunaan media pembelajaran yang berbasis komputer dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan pemahaman, media pembelajaran berbasis komputer, bangun ruang sisi datar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 30 Jun 2009 08:17
Last Modified: 02 Jan 2012 10:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3293

Actions (login required)

View Item View Item