Pratiwi,, Arumita and , Drs. Muhroji, S.E.,M.Pd. (2015) Studi Komparasi Strategi Pembelajaran Jigsaw Dan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf Download (160kB) |
|
PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
|
PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (510kB) |
|
PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) |
|
PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
PDF (Dafatr Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN NEW.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (650kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara strategi Jigsaw dengan strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SDIT Nur Hidayah Surakarta, (2) pengaruh yang lebih besar antara strategi Jigsaw dengan strategi Everyone Is A Teacher Here dalam pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa kelas V SDIT Nur Hidayah Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VC dan VD SDIT Nur Hidayah Surakarta tahun 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji keseimbangan dan uji normalitas. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,253 > 1,994 dengan nilai rata-rata hasil belajar tematik kelas VC lebih besar dibandingkan kelas VD, yaitu 81,53 > 75,83. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) ada perbedaan pengaruh antara strategi Jigsaw dengan strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SDIT Nur Hidayah Surakarta, (2) strategi Jigsaw lebih besar pengaruhnya dibandingkan dengan strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SDIT Nur Hidayah Surakarta.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | studi komparasi, strategi, Jigsaw, Everyone Is A Teacher Here, belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 May 2015 04:10 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 05:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32923 |
Actions (login required)
View Item |