Prabowo, Maulana Agung and , Dra. Sri Hartini, S.H., M.Pd (2015) Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Strategi Example Non Example Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri Singopuran 2 Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (548kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (198kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (553kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (282kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar melalui strategi Example Non Example pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Singopuran 2. Penelitian ini yang menjadi subjek penerima tindakan siswa kelas V SD Negeri Singopuran 2 yang berjumlah 26 siswa, subjek pelaku tindakan adalah guru kelas V dan peneliti. Obyek penelitian adalah motivasi belajar dengan menggunakan strategi Example Non Example. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validasi dengan cara triangulasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis interaktif yang terdiri dari empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa kelas V, dapat dilihat dari motivasi belajar siswa yang terdapat empat indikator. Tekun menghadapi tugas sebelum tindakan sebesar 38% dan meningkat pada siklus II sebesar 85%. Ulet menghadapi kesulitan sebelum tindakan sebesar 35% dan meningkat pada siklus II sebesar 85%. Selalu berusaha berprestasi sebaik mungkin sebelum tindakan sebesar 46% dan meningkat pada siklus II sebesar 88%. Senang, rajin belajar dan penuh semangat sebelum tindakan sebesar 38% dan meningkat pada siklus II sebesar 92%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Example Non Example dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Singopuran 2 Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, , Strategi Example Non Example |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 May 2015 05:14 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 05:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32918 |
Actions (login required)
View Item |