Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Realistic Mathematic Education (RME) Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas III SD Negeri Kecik 3tahun Ajaran 2014/2015

Nurakhsani, Ita and , Dr. Samino, M.M. (2015) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Realistic Mathematic Education (RME) Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas III SD Negeri Kecik 3tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
`NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (781kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai usaha untuk meningkatkan motivasi belajar dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas III SD Negeri Kecik 3 tahun ajaran 2014/2015 melalui penerapan strategi Realistic Mathematic Education (RME). Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data berupa wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode alur, meliputi tahap proses analisis data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dalam pembelajaran matematika melalui penerapan strategi Realistic Mathematic Education (RME) pada siswa kelas III di SD Negeri Kecik 3. Hal ini dapat dilihat dari motivasi belajar siswa yang terdiri dari 4 aspek, yaitu sikap tenang, memiliki rasa ingin tahu, bertanya, menjawab pertanyaan. siswa yang tenang ketika mengikuti pembelajaran dari pra siklus sebesar 49,03%, kemudian meningkat pada siklus 1 sebesar 54,32%, meningkat lagi pada siklus II sebesar 83,65%, siswa yang memiliki rasa ingin tahu sebelum siklus sebesar 41,34%, pada siklus I sebesar 49,51%, meningkat pada siklus II sebesar 78,83%, siswa yang bertanya pra siklus sebesar 32,69%, pada siklus I meningkat menjadi 42,30%, pada siklus II sebesar 75,96%, dan siswa yang menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 34,61%, pada siklus I sebesar 40,38, serta pada siklus II meningkat menjadi 79,80% . Dalam penelitian ini hasil belajar matematika juga mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat pada pra siklus nilai rata-rata kelas adalah 54,23 dan siswa yang mencapai KKM (65) sebanyak 8 siswa atau 30,76%; pada siklus I nilai rata-rata kelas menjadi 64,61 dan siswa yang mencapai KKM (65) sebanyak 14 siswa atau 53,84%; dan pada siklus II nilai rata-rata kelas menjadi 83,07 dan siswa yang mencapai KKM (65) 23 siswa atau 88,46%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan strategi Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas III SD Negeri Kecik 3 tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi, Realistic Mathematic Education (RME), motivasi, belajar,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 May 2015 03:38
Last Modified: 12 Oct 2021 05:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32913

Actions (login required)

View Item View Item